Sering Dibingungkan, Ini Dia Perbedaan Fabel dan Cerpen Beserta Contohnya
Ilustrasi pembaca buku cilik (Foto: diskerpus.badungkab.go.id)

Bagikan:

Perbedaan fabel dan cerpen masih dibingungkan oleh masyarakat, terutama para pelajar. Padahal bedanya sangat jelas terlihat jika pengertian dari cerpen dan fabel dikuasai. Jika sudah menguasai pengertiannya, bisa dijamin Anda akan mengerti apa perbedaan antara fabel dengan cerpen. Untuka menjawabnya, berikut kami sajikan rangkumannya.

Pengertian Fabel

Dikutip dari Wikipedia, Fabel atau fable (Inggris) adalah cerita atau kisah yang menceritakan tentang kehidupan hewan namun hewan tersebut diumpamakan seperti manusia. Jenis cerita ini adalah fiksi alias khalayan belaka, jadi tak benar-benar terjadi. Cerita fabel kerap disisipi dengan pesan moral dan kebaikan untuk pendengarnya.

Pengertian Cerpen

Cerpen adalah kependekan dari cerita pendek. Seperti namanya, cerpen biasanya terdiri dari cerita yang jumlahnya tak terlalu banyak. Cerpen bisa berupa fantasi atau khayalan, kisah nyata, legenda, dan sebagainya. Cerpen biasanya diciptakan dengan sederhana dan dibaca dalam waktu sekali duduk atau dalam waktu relatif singkat.

Perbedaan Fabel dan Cerpen

Meski keduanya mirip, fabel dan cerpen tetap memiliki perbedaan yang cukup jelas. Lalu, apa saja perbedaannya?

  • Ide Cerita

Ide pembuatan fabel berasal dari fantasi tentang hewan yang diceritakan memiliki kehidupan seperti layaknya manusia. Sedangkan cerpen bisa berasal dari fantasi tentang apa saja, mulai dari hewan, robot, alien, manusia, dan sebagainya.

  • Tokoh

Penokohan pada fabel akan menggunakan hewan, sedangkan cerpen bisa menggunakan apa saja. Hal ini yang jadi perbedaan antara cerpen dan fabel.

  • Panjang cerita

Panjang cerita fabel tak ada patokan. Artinya panjangnya bisa puluhan lembar atau tak sampai sepuluh lembar. Sedangkan cerpen punya batasan karena jika terlalu panjang maka cerita itu tak bisa disebut dengan cerpen.

Contoh Fabel dan Cerpen

Ada banyak contoh yang bisa Anda dapatkan terkait fabel dan cerpen. Fabel misalnya, memiliki judul Cerita Fabel tentang Kisah Kelinci dan Kura-kura, yang menceritakan tentang kesombongan kelinci pada kura-kura.

Sedangkan contoh cerita pendek (cerpen) seperti cerita yang ditulis oleh sastrawan Puthut EA yang berjudul Sesaat Sebelum Berangkat.

Selain informasi terkait perbedaan fabel dan cerpen, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.id.