Mitos Kebun Raya Bogor: Pelanggeng Hubungan hingga Harimau di Makam Ratu Galuh
Kebun Raya Bogor (Foto: kwriu.kemdikbud.go.id)

Bagikan:

Pada tahun 1800-an, Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Thomas Stamford Raffles, menjadikan Kebun Raya Bogor menjadi tempat yang lebih baik dan tertara. Kebun peninggalan pemerintahan Sri Baduga Maharaja itu diperbaiki dengan bantuan W. Kent, sosok yang berjasa membangun Kew Garden di London. Meski telah mengalami berbagai perbaikan, siapa sangka bahwa mitos Kebun Raya Bogor tetap tersimpan rapat di benak masyarakat.

Mitos yang dipercaya ternyata tak hanya dipercaya oleh warga sekitar. Banyak masyarakat dari luar daerah yang percaya dengan mitos Kebun Raya Bogor. Lalu, apa saja mitos yang tersembunyi di balik kebun tersebut?

Sepasang Pohon Pengikat Jodoh

Sepasang pohon serupa  yang besar tumbuh menjulang. Pohon ini sejatinya adalah pohon beringin putih yang kerap disebut dengan pohon wanita, dan pohon meranti tembaga yang kerap disebut pohon pria.

Di hari biasa, banyak pasangan sepasang kekasih yang duduk di sekitar pohon yang sudah ada sejak tahun 1866 tersebut. Hal itu dilakukan bukan tanpa alasan. Konon, jika ingin memiliki hubungan yang langgeng disarankan untuk duduk di sekitar pohon tersebut sambil mengucap janji atau doa.

Jembatan Merah Perusak Asmara

Jembatan merah di Kebun Raya Bogor (Foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Kebun Raya Bogor ternyata tak hanya mampu mengikat jodoh, namun mampu merusak asmara sepasang kekasih. Keberadaan jembatan berwarna merah itu adalah penyebabnya. Sepasang kekasih tidak dianjurkan untuk melintasi jembatan itu jika tak ingin hubungan mereka berakhir.

Tak sampai situ, konon katanya, di bawah jembatan itu banyak ditemukan mayat para pejuang yang ikut berjuang di zaman penjajahan Belanda.

Harimau Penjaga Makam Ratu Galuh Mangku Alam

Ratu Galuh Mangku Alam adalah istri dari Prabu Siliwangi. Wanita cantik itu dimakamkan di Kebun Raya Bogor. Makam Ratu Galuh ternyata dijaga oleh harimau tak kasat mata. Saat melintasi makam Ratu Galuh Mangku Alam banyak yang merasa merinding. Suasa sunyi dan sepi menambah kesan mistis yang ada di sekitarnya. Harimau penjaga makam sendiri konon merupakan jelmaan dari sang suami, Prabu Siliwangi.

Selain informasi terkait mitos Kebun Raya Bogor, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.id.