Apa Itu Teks Non Fiksi? Ini Pengertian, Ciri, dan Jenisnya
Ilustrasi teks (Antaranews)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Secara umum teks non fiksi adalah salah satu genre tulisan yang merujuk pada sumber yang jelas. Namun pengertian teks genre tersebut tidak hanya sekadar itu saja. Untuk lebih memahami apa itu teks non fiksi simak artikel berikut ini.

Apa Itu Teks Non Fiksi

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) fiksi diartikan sebagai cerita rekaan atau pernyataan yang berdasarkan pada khayalan atau pikiran.

Mengutip situs Direktorat Sekolah Menengah Pertama Kemendikbud, dalam dunia tulis-menulis, teks dibagi menjadi dua kategori utama yaitu teks fiksi dan non fiksi.  Teks fiksi didasarkan pada khayalan atau imajinasi si penulis. Sederhananya, teks fiksi bersifat imajinatif sehingga tidak benar-benar terjadi.

Sedangkan pengertian teks non fiksi adalah salah satu kategori yang dalam penulisannya didasarkan pada kenyataan atau punya tolak ukur tersendiri. Teks non fiksi bisa dibuktikan secara ilmiah sehingga sangat berkebalikan dengan teks fiksi.

Ciri-ciri Teks Non Fiksi

Teks non fiksi punya ciri-ciri yang bisa diketahui oleh pembacanya. Beberapa ciri tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Teks Didasarkan pada Kenyataan

Dikatakan non-fiksi saat teks menjelaskan atau menceritakan kejadian yang sebenarnya atau berasal dari sumber terpercaya. Artinya penulis tidak menambah khayalan dalam teks tersebut. Teks juga bersifat faktual atau berdasarkan fakta yang terjadi.

  1. Bersifat Objektif

Objektif artinya bisa dipahami atau diketahui oleh siapapun. Naskah yang objektif berarti naskah tidak mengandung pendapat pribadi. Sederhananya teks non fiksi harus bisa diterima oleh semua orang.

  1. Ilmiah

Teks non fiksi juga bisa dibuktikan secara ilmiah menggunakan cabang keilmuan lain. Misalnya, teks yang menjelaskan proses terjadinya hujan, teks kesehatan yang menjelaskan sebab-akibat suatu penyakit.

  1. Menggunakan Bahasa Denotatif

Penulis yang menyusun teks non fiksi biasanya cenderung denotatif atau menggunakan cara yang lugas. Berbeda dengan teks fiksi yang cenderung menggunakan konotatif dengan memasukkan unsur perasaan.

  1. Disertai Angka, Diagram, atau Tabel

Biasanya teks non fiksi diperkuat dengan angka, diagram, atau tabel. Berbeda dengan teks fiksi yang biasanya hanya berupa paragraf.

Jenis Teks Non Fiksi

Teks non fiksi dibagi menjadi beberapa jenis. Masing-masing jenis punya manfaat tersendiri. Berikut ini beberapa jenis teks non fiksi.

  1. Artikel: berupa tulisan pendek yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca.
  2. Jurnal ilmiah: berupa tulisan yang berhubungan dengan penelitian. Fungsinya untuk menjelaskan serta menegaaskan apa yang didapatkan dari penelitian.
  3. Biografi: teks ini digunakan untuk menjelaskan perjalanan hidup seseorang secara nyata.
  4. Berita: teks berita digunakan untuk menjelaskan suatu peristiwa faktual yang terjadi dengan kaidah jurnalistik.
  5. Esai: tulisan ini disusun untuk menjelaskan suatu fenomena dengan melibatkan teori atau kajian ilmiah.
  6. Karya tulis ilmiah: naskah ini ditulis dengan memperhatikan ketentuan kepenulisan karya ilmiah.
  7. Catatan sejarah: teks sejarah disusun berdasarkan suatu peristiwa yang pernah terjadi dengan mempertimbangkan teori, catatan, atau bukti yang ada.
  8. Procedure text: tulisan ini dirangkai untuk menjelaskan cara mengoperasikan suatu alat.

Selain memahami teks non fiksi, disarankan untuk mengetahui tips meningkatkan kemampuan literasi menulis bagi guru.

Itulah informasi tentang apa itu teks non fiksi. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.