Ekonomi Mukomuko Kembali Menggeliat, Semua Pabrik Sawit Kembali Beroperasi
Ilustrasi/antara

Bagikan:

JAKARTA - Semua pabrik minyak kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, hari ini kembali beroperasi mengolah minyak mentah kelapa sawit setelah tutup selama libur Idulfitri 1442 Hijriah.

“Hari ini semua pabrik minyak kelapa sawit kembali beroperasi dan membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani di daerah ini,” kata Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto dalam keterangannya di Mukomuko, dilansir Antara, Selasa, 18 Mei.

Ia mengatakan hal itu setelah berkoordinasi dengan semua pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini terkait dengan operasional pabrik dalam melakukan pengolahan minyak mentah kelapa sawit.

Ia menyebutkan, lima dari sembilan pabrik minyak kelapa sawit di deerah ini beroperasi mulai Senin, 17 Mei, kemudian empat pabrik lainnya Selasa, 18 Mei.

Ia menyebutkan lima di antara sembilan pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini beroperasi mengolah minyak mentah kelapa mulai Senin (17/5), yakni PT DDP di wilayah Ipuh dan PT DDP wilayah Desa Lubuk Bento, PT Sapta, PT KAS dan PT SSS, sedangkan empat pabrik beroperasi mulai Selasa, 18 Mei, yakni PT SAP, PT BMK, PT KSM, PT MMIL, dan PT GSS.

Terkait dengan harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh semua pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini sejak beberapa hari terakhir ini turun dibandingkan dengan harga sebelumnya.

Ia menyebutkan pabrik PT SSJA membeli TBS kelapa sawit milik petani dengan harga Rp1.930 per kg, lebih rendah dibandingkan dengan harga sebelumnya Rp1.970 per kg. Pabrik PT USM membeli TBS kelapa sawit milik petani setempat dengan harga Rp2.100 per kg, menurun dibandingkan dengan harga sebelumnya Rp2.130 per kg.

Harga pembelian TBS kelapa sawit oleh sebagian besar pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini, yakni PT KSM sebesar Rp1.960 per kg, PT MMIL sebesar Rp1.960, PT SSS sebesar Rp1.940, PT DDP sebesar Rp1.970, PT BMK sebesar Rp2.020, dan PT GSS sebesar Rp2.010, sedangkan harga jual tandan buah segar kelapa sawit PT SAP sebesar Rp1.990.