Membayangkan Kekayaan Prajogo Pangestu: Mampu Beli Ribuan Mobil Tesla
Konglomerat Prajogo Pangestu. (Foto: Istimewa)

Bagikan:

Pengusaha senior Prajogo Pangestu diketahui memiliki total kekayaan bersih sebesar 7,53 miliar dolar AS atau dalam rupiah sebesar Rp105,33 triliun (kurs Rp13.988 per dolar AS). Informasi tersebut didapat dari data Bloomberg Billionaires Index yang dikutip pada Rabu, 10 Februari 2021.

Dengan kekayaan sebanyak itu, Prajogo berhasil mejadi orang terkaya ketiga di Indonesia. Sedangkan di urutan sebelum Prajogo ditempati oleh Robert Hartono dan Bambang Hartono. Di tingkat dunia, lelaki usia 76 tahun dari Kalimantan itu jadi orang terkaya dunia di urutan ke-349.

Sumber kekayaan Prajogo Pangestu

Dalam ulasan singkatnya, Bloomberg mengatakan bahwa Prajogo adalah pendiri PT Barito Pacific Tbk, perusahaan petrokimia terbesar di Indonesia. Tak hanya memiliki korporasi yang berbasis di Jakarta, Prajogo juga memiliki pembangkit listrik dan aset penghasil plastik

Pada 2019, grup usaha Barito melaporkan pendapatan mereka menyentuh angka 2,4 miliar dolar AS. Adapun, divisi usaha Barito terdiri beberapa sub unit dengan anak usaha utama yakni Chandra Asri Petrochemical.

Bisnis Prajogo sudah cukup menggurita di negeri ini selama puluhan tahun dan mengeruk banyak untung. Guna membayangkan seberapa banyak harta taipan yang pernah melakoni profesi sebagai sopir angkot itu, berikut adalah analogi pembanding sederhana.

Beli emas di Antam 105 ton

Dengan estimasi harga emas pergram sebesar Rp1 juta, maka logam mulia itu bisa dibeli sebanyak 105 ribu kilo emas murni, atau 105 ton emas.

Bisa traktir BBM 3 bulan

Harga minyak dunia saat berita ini dibuat adalah 60 dolar AS per barel. Jika Prajogo memiliki net worth sebesar 7,53 miliar dolar AS, maka minyak yang bisa dibeli mencapai 125 juta barel minyak atau setara dengan 19,75 juta kilo liter BBM.

Jika konsumsi BBM nasional 75 juta kilo liter pertahun, maka uang Prajogo bisa beli BBM untuk seluruh orang Indonesia selama selama kurang lebih 3 bulan.

Beli mobil Tesla paling mahal 23 ribu unit

Bandrol kendaraan listrik Tesla termahal tipe P100D seharga Rp4,4 miliar. Prajogo dengan duit Rp105 triliun bisa beli mobil tersebut lebih dari 23 ribu unit tersebut secara cash.

Selain informasi terkait kekayaan Prajogo Pangestu, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!