Turun Tangan Atasi Banjir Semarang, Risma: Masa Warga Harus Begini Terus
Menteri Sosial Tri Rismaharini meninjau banjir di Perumahan Tlogosari, Kota Semarang (Foto: Antara)

Bagikan:

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma ikut turun tangan mengatasi banjir Semarang. Ia meminta kepada petugas dari BBWS Pemali Juana untuk mengoperasikan seluruh pompa penyedot air di Sungai Tenggang secepat mungkin.

Menurutnya, langkah tersebut mampu mengurangi genangan air yang menyebabkan banjir di beberapa wilayah Kota Semarang, Jawa Tengah. Risma juga mengungkapkan simpatinya kepada warga terdampak banjir.

"Itu pompa (di Sungai Tenggang) tolong dinyalakan semua Pak, ini masih ada genangan, biar cepat surut, terlalu lama ini kasihan warga," ujar Risma melalui sambungan telepon kepada petugas BBWS Pemali Juana, Minggu, 7 Februari malam.

Risma Minta Pompa Penyedot Dinyalakan Maksimal untuk Atasi Banjir Semarang

Dilansir Antara, saat menelpon, mantan Wali Kota Surabaya itu tengah meninjau banjir di Kawasan Perumahan Tlogosari, Semarang. Mendapat arahan dari Mensos, petugas yang dihubungi Risma menjelaskan bahwa beberapa unit pompa penyedot dimatikan lantaran masih dalam proses pendinginan setelah sebelumnya pompa dioperasikan.

"Pendinginan berapa jam? Itu setengah jam cukup. Saya tahu pompa itu seperti apa. Tolong dinyalakan maksimal, Pak," paparnya dengan nada mengiba.

Risma kemudian juga berbicara melalui telepon dengan petugas BBWS Pemali Juana yang lain dan menerima penjelasan jika pompa di Rumah Pompa Kali Tenggang tidak dioperasikan karena ada pemadaman listrik. Di saat bersamaan, Rumah Pompa Kali Tenggang tak tersedia genset.

"Sampai berapa hari (tidak dioperasikan)? Masak warga harus begini (kebanjiran) terus," kata Risma.

BACA JUGA:


Saat tiba di lokasi banjir di Perumahan Tlogosari Semarang, Mensos Risma yang mengenakan sepatu boots berjalan kaki menyusuri genangan air setinggi kurang lebih 30 sentimeter. Dia juga mendatangi beberapa dapur umum di kawasan tersebut yang dibuka untuk membantu para korban banjir.

Sebelumnya, Risma juga berkunjung ke lokasi tanah longsor di RT03/RW01 Kelurahan Jomblang, Kecamatan Candisari, Kota Semarang. Banjir dan tanah longsor melanda beberapa wilayah di Kota Semarang akibat tingginya curah hujan selama beberapa hari terakhir.

Selain informasi terkait banjir Semarang, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!