Pengertian Waktu AM dan PM, Perbedaan, dan Contoh Penggunaannya
Ilustrasi waktu AM dan PM (Ilustrasi/disnakertrans.ntbprov.go.id)

Bagikan:

Pengertian waktu AM dan PM sampai saat ini masih dibingungkan oleh masyarakat Indonesia. Padahal istilah tersebut sering dipakai untuk merujuk waktu internasional. Lalu, apa pengertian AM dan PM yang sebenarnya?

Pengertian AM dan PM

AM dan PM adalah sebuah kependekan. AM merujuk pada Ante Meridiem, yaitu waktu yang dimulai sejak tengah malam atau dini hari, sampai pagi menjelang siang tiba. Sedangkan PM adalah kependekan dari Post Meridiem, yaitu waktu yang dimulai sejak siang hari persis sampai dini hari tiba.

Diambil VOI dari berbagai sumber, istilah ini sudah ada dalam sejarah Inggris sejak abar ke-17. Kedua istilah muncul karena kebiasaan masyarakat yang mengenakan jam analog, jam yang hanya memunculkan waktu selama 12 jam, bukan 24 jam seperti sekarang.

Hal tersebut membuat masyarakat Inggris terbiasa membagi waktu 24 jam jadi 12 jam, yakni AM atau akrab disebut before midday dan PM atau after midday.

Perbedaan AM dan PM

Jika dilihat dari pengertian AM dan PM, perbedaan keduanya sudah sangat jelas. Selain dari artinya, AM dan PM dibedakan berdasarkan waktu yang dirujuk.

Dilansir dari timeanddate, format 12 jam yang digunakan membagi waktu menjadi pukul 00.00-11.59 dan 12.00-23.59. Pukul 00.00-11.59 menggunakan AM, sedangkan 12.00-23.59 menggunakan PM.

Contoh Penggunaan AM dan PM

Meski penjabaran AM dan PM sudah dilakukan, tak jarang penggunaan kedua istilah itu masih membingungkan. Untuk lebih memperjelas lagi, coba simak contoh penggunaan AM dan PM.

Misalnya, Andi ke pasar pukul 08.00 WIB yang artinya, Andi ke pasar pada pukul 8 pagi. Karena konteks waktu yang dipakai adalah pagi, maka AM adalah istilah yang tepat. Jadi, Andi pergi ke pasar pada pukul 8 AM.

Berbeda jika Andi pergi ke supermarket pada pukul 20.00 WIB atau pukul 8 malam. Dalam kasus ini, istilah yang digunakan adalah PM menjadi 8 PM.

Itulah pengertian waktu AM dan PM, perbedaan, dan contoh penggunaannya. Untuk mendapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya, kunjungi VOI.id.

Terkait